Rabu, 23 Januari 2013

Masa-Masa Qu: GILA

Masa-Masa Qu: GILA

Masa-Masa Qu: AHIR, PERTEMUAN

Masa-Masa Qu: AHIR, PERTEMUAN: AHIRNYA ,   PERTEMUAN ITU niat gak niat harus cerita itulah aku,,, boring juga tapi harus di lanjutin ajalah walupun ngaur gak nyambun...

SUKSES


Pemikiran Visioner
Kita sering mendengar istilah ini. Istilah yang cocok kita lekatkan, ketika pada umur yang sangat muda Bill Gate mengemukakan pemikirannya tentang komputer di setiap meja kerja Anda, ‘computer in any desk’. Pada saat itu, komputer yang dikenal adalah perkakas besar berharga mahal, hanya dimiliki oleh perusahaan besar. Tidak mungkin pengguna personal memakai komputer di meja kerja.Orang pada saat itu berfikir “mimpi, kali yee?”.
hmmm kren yaa siapa yang gak ingin kayak Bill Gate pasti semua pengen,, kita bisa kok seperti mereka salah kita trkut dengan kinginan kita intinya kamu harus yakin
Sudah saatnya, kita semua membangun visi yang benar dan positif tentang masa depan. Itu akan mengarahkan kita kepada terciptanya karya-karya yang bermanfaat. Kita akan dituntun untuk menjadi lebih produktif.
Pencarian Terus Menerus Tak Kenal Menyerah
Teruslah mencari. Anda akan terus menemukan. Ketika seorang anak muda penemu Google berkhayal, bermimpi, bervisi, dan kemudian bercita-cita, ia kemudian melakukan serangkaian upaya terus menerus untuk menggapainya, dari yang kecil kemudian membesar. Perbaikan dilakukan terus menerus secara vertikal makin mendalam-mendetail, dan secara horisontal makin meluas-melebar. Anda mungkin ingat kisah Thomas Edison menemukan bola lampu listrik. Ia melakukan percobaan dan kesalahan berkali-kali, bahkan mendekati angka 1000 kali. Pernahkah Anda mencoba melakukan sesuatu lebih dari 1 kali, 10 kali, atau seratus kali, sebelum akhirnya Anda mendapatkan sesuatu yang Anda idamkan? Itu hukum alam yang berlaku. Sedikit sekali keberhasilan yang dicapai dengan mudah, bahkan itu terjadi di buku-buku dongeng. Sang Pangeran berjuang melewati rintangan bertubi-tubi, sebelumnya akhirnya berhasil membawa Sang Putri.

Anda masih ingat tentang bagaimana Newton menemukan hukum Gravitasi? Ia sedang duduk di bawah pohon, ketika sebuah apel jatuh di dekatnya. ‘Blink’, begitu situasinya. Dari kejadian sekejap, ia kemudian merumuskan hukum gravitasi yang menjadi ibu dari semua konsep tentang statika dan mekanika di bumi ini. Tetapi, apakah hanya ‘Blink’ itu yang menjadi penentunya? Tentu tidak. Newton telah berfikir keras tentang alam, jauh sebelum ditemukannya hukum gravitasi. Dan ia tidak berhenti berfikir setelah peristiwa ‘Apel jatuh’ tadi. Itu yang terjadi pada banyak penemuan dan penemu besar di bumi ini. Suatu ide besar kadang terjadi sekejap, blink. Tetapi, itu tidak cukup. Dibutuhkan ‘think’, yaitu berupa pemikiran lanjutan, upaya terus menerus, trial-and-error berkali-kali, sampai ide besar mewujud menjadi menyataan. Itu yang hampir selalu ada di perusahaan-perusahaan besar seperti Intel, Oracle, Microsoft, Sun Microsystem, IBM, dan lain-lain. Serangkaian ‘blink’ and ‘think’ menghiasi perjalanan mereka berkarya dari waktu ke waktu, sehingga kita bisa melihat ribuan produk dari mereka terus lahir.
Perusahaan yang berhasil dicirikan paling tidak oleh 3 hal, yaitu 1. kreatifitas : kemampuannya untuk menemukan ide baru, 2. Eksekusi, kemampuannya untuk menerapkan serangkaian proses bisnis dari ujung ke ujung, dari dapur produksi ke distribusi produk, dengan konsep perbaikan terus menerus (continual improvement), dan 3. Agility, kelincahan menyiasati perubahan zaman.
Agility

Kelincahan adalah kunci sukses. Ini mensyaratkan mata Anda tidak pernah terpejam melihat situasi sekitar. Selanjutnya otak Anda akan berfikir mencari pemikiran antisipatif atas perubahan yang terjadi di sekitar. Inilah inti permainannya. Agility seperti sistem kontrol berumpan balik. Pusat kontrolnya adalah otak kita dan inputnya adalah mata dan seluruh indera kita.
Saat ini telah terjadi pergeseran pandangan mengenai bisnis, dari bisnis konvensional ke bisnis modern. Pergeseran itu bersumber pada cara bisnis memandang manusia. Dulu bisnis menyebut pihak yang memakai produk sebagai konsumen. Sekarang bisnis harus memandang lebih ‘manusiawi’ siapa yang berhubungan dengannya dengan sentuhan personal agar hubungannya lebih kuat. Dulu keberhasilan bisnis ditentukan oleh produk. Sekarang keberhasilan bisnis lebih ditentukan oleh mutu servisnya, ketimbang produknya. Dan ada banyak hal lagi yang mewarnai pergeseran-perubahan itu.
Mereka yang memahami pergeseran dan mengantisipasinya akan terus bertahan dan berjaya. Mereka yang buta akan segera berakhir. Agility suatu perusahaan terkait pada masalah seperti ini.

Keberhasilan Akademik BUKAN Penentu Satu-Satunya Keberhasilan
Adakah suatu kebetulan, bila pendiri dan pemilik Microsoft, Oracle, dan DELL adalah mahasiswa yang secara sukarela meninggalkan bangku kuliah tanpa wisuda? Meskipun akhirnya, Bill Gate diwisuda oleh Harvard pada tahun ini, 2007?
Anda tidak boleh mengambil kesimpulan yang salah, dan kemudian keluar dari perkuliahan agar sukses di masa depan. Saya hanya ingin menyampaikan pendapat bahwa yang menetukan keberhasilan Anda bukan lah sekolah dan gelar Anda. Saya memiliki banyak teman yang sukses di perkuliahan, tetapi tidak terlalu cemerlang dalam berkarier. Namun sebaliknya, saya menjumpai banyak orang yang ternyata cemerlang dalam pekerjaan, meskipun tidak terlalu cemerlang dalam akademik. Saya tidak merasa perlu juga mencari korelasi antara keduanya.
Saya ingin menutup tulisan saya dengan mengajak Anda untuk segera lebih memikirkan tentang kreasi atau karya daripada bekerja. Berfikir tentang kreasi berujung pada manfaat bagi orang lain. Berfikir tentang bekerja berujung pada gaji atau penghasilan. Kemanfaatan bagi orang lain tentu lebih mulia dari dari sekedar gaji atau penghasilan. Kemanfaatan bagi orang lain, bahkan akan menghasilkan sesuatu yang lebih banyak dan luas dari gaji itu sendiri. Namun demikian, Anda tentu bisa berkreasi sambil bekerja pada orang lain.


Pesan dan Kesan


Kesan-kesan saya
v  Bisa mendapat pelajaran dan menambah lagi wawasan saya dari tugas-tugas yang diberikan dalam proses pemblajaran
v  Bisa memahami mahasiswanya dengan memberikan kemudahan dalam mengerjakan tugas-tugasnya..
v  Saya sangat senang belajar bhs inggris dgn bpk walau terkadang sulit untuk mengerti dan di pahamai. Bpk gak pernah marah2 walaupun kami ribut. Bpk juga baik sama saya dan teman saya. Saya sangat suka lihat Bpk tersenyum,
v  Selama bpk mengajar di kelas kami, Alhamdulillah kami bisa cepat mengerti dengan penjelasan bpk dan kami sangat berterimakasih atas semua ilmu yang bpk miliki untuk berbagi ilmu dgn kami.
Pesan - pesan :
v  Tetap tegas untuk mengajar mahasiswa-mahasiswa lain yang nantinya diajar oleh Bpk.
v   Semoga dipertemuan terakhir ini bisa menjadi kenangan terindah antara bpk sama kami
v  Semoga bpk sukses di luar sana. Sehat selalu dan sukses dalam kuliahnya dan bisa jadi yg terbaik dari yang baik.
Mr.Darmawan

CERITA KU


14  Februari   2012

Hanya kamu yang bisa mengerti diriki dan hanya kamu yang bisa membuat aku tenang saat ini terimakasih atas  kesetiaanmu selama ini. Tapi terkadang kamu gak ada saat aku membutuhkanmu walupunnkamu kan selalau ada di hatiku,
In love,no need to find someone perfect,but someone who loves what they are,who make you fee perfect.

20 Februari 2012
Saat liburan tiba rata-rata temenku planingx mau kemana ada yang pulang kampung,jalan-jalan sama keluarga,temen maupun pacar,ada yang shopping,ke pantai pkoknya banyak ada juga yang hanya diem di rumah bersih-bersih,nyuci, nyelesain tugas/laporan to malah saat libur ada yang di kosan eh kayak aku ni liburan mau 2 bulan eh Cuma di kos2an aja,,, habisin hari libur dengan tv hmm nasib lagi gak berutug di pihakku,but wlpu  habisn hali libur di kos2an sama temen di nikmati ajalahh.Kangn juga sih pengen pulkam tapi saat rumah jauh gk ada duit pula hahahahahaha so
“IAM SURE WITH TIME IAM WILL BE FINE”
Tapi lama-lama iri liat temenku walopun saat liburan gak pulang kampung tapi dya masih bisa jalan sama cowoknya,seneng-senyen,bisa jalan bareng,kalo tahun baru kemarin adayang nemenih eh gk kanyak aku punya cowok tapi jauh harus nyebrang 2 kali beru bisa ketemu hmm awal tahun yang menyedihkan tapi biarpun jauh kita tetap saling hubungin so bisa seneng-seneng juga yaa walo hanya lewat telpon but iam sure dya gk akan macem-macem.buat orang yang aku sayang baekbaek disana and aku yakin masih banyak orang yang nasibnya gk sebagus kyak aku so syukurilah apa yang terjdi dalam hidum ini jika kamu yakin kalo kamu akan selalu bahagia  so aku yakin hidup yang akan kamu jalani selalu bahagia sebaliknya kalo kamu berfikiran hidup di di dunia ini cuma  dapet kesulitan so pasti hidupmu akan selalu dapet kesulit buat kalian jangan berfikir negatif dengan kehidupan yang kamu jalani BELIEVE,,,,,,,,,,,,!!

02 Maret 2012

Pengen banget makan RAMBUTAN
masih banyak kesedihan yang gk aku tulis,,,,, gk pa-pa di pendem dalem hati aja oke.daahhhhhh



24-Maret 2012

Uhhhhg gak ada duit GALAU,,,,,,,,,,,,, ibuk kirimin duit anakmu udah gak sanggup lagi
Duit segalanya,,,,,heheheeh sebel sebel,,


04 Juni 2012

Temen-temen hari ini aku bener-bener pusing rasanya sudah gak sanggup menjalani kehidupan saat aku terpuruk gk ada yang merhatiin aku, tuhan masih adakah yang masih peduli sama aku. Untuk orang tua ku nida minta maaf  bgt telah mengecewakan kalian namun aku gak mau kalian tau hal ini cukup anakmu yang  tau.. maslah yang begitu banyak belum ikirin kuliyah,uang,ketekanan batin aku bingung  dimana temen yang selalu ada buat aku,selalu menemani saat senang sedih apa kalian sengaja seneng melihat aku sepeerti ini memang aku banyak salah sama kalian,tapi saat ini aku butuh suport dari kalian temen kalian di mana aku harus berbagi sama siapa??
Belum lagi masalah sama pacar gak selesai-slce aku tu lama-lama bosen dikit dikit berantem aku tu capek jalani hidup dengan si dya jujur aku tu butuh perhatian bukan sekedar cintamu seharusnya kamu mnegerti dengaan keadaaan hubungan  kita yang jauh,tekadang aku berfikir kalo kmu sudah gak sayang sama aku ingin rasanya mengahiri semua ini,hati ini udah gak bisa di paksaan lagi di sisi lain aku sangat sayang sama kamu aku berharap kamu kita bisa hidup bersama selamanya. Tapi kenapa sekarang kamu gk pernah membri kabar hati ini resah bimbang bingung, kamu seharusnya jelasin kenapa?? aku tu sangat mengerti dengan keadaanmu emank harus kanyak gini,nggak kan? kalo kamu bner-bner sayang kamu juga harus berkorban jangan menyerah dengan keaadaan ini,,, jujur sayang aku butuh benget,aku harus gimana mau berbuat apa,aku pengen cerita aku yakin hanya kamu yang bisa membuat aku nyaman,,tapi kenapa kamu lagi dimana?? apa kamu gk ngerasakan apa yang aku rasakan saat ini aku butuh hanya 1 yang aku minta PERHATIAN.....!!! tapi aku sadar mungkin kamu sudah mulai menjauh dari aku,oke kalo itu maumu asal kamu ingat aja cintaku gk akan berkurang,,


12- Agustus 2012

aku selingkuh sama temen sekaligus pamanku,,,, selingkuh itu memang indah yang dulu terlupakan heheeh KEJAM yaa tapi fakta menang selingkuh itu indah bisa membuat kita senyum sendiri pkoknya sengeng bgt ahh sekarang tu malses bgt yang mananya curhat.. ampe sini ajalah,,,, baek-baek ya SELINGKUHANKU




20 September 2012

Hari ini hari aku harus kembali ke jogja mau gk mau harus meninggalkan kampung halaman dan orang tersayang, Tapi malah hari yang menyedihkan ini terjadi teragedi yang sangat teragis heheheheh eh aku ketahuan selingkuh wahhhhhh gk bisa di banyangkan rasanya tu nyesel banget kenapa kemarin aku tu selingkuh haaaaaaaaa tau gk aku di putusin hehehe tapi besoknya lagi dya minta balikan padahal aku dah gak mau,aku takut kalo aku mengecawaknya lagi yaaa tapi si dya makasa yaa udah blikan aja ampe karang 01-01-2013 hubungna kita baek baek aja,, sekarang aku yakin kalo dya bner-bner sayang sama aku,,, hehe yaa sneng sih ada yang sayang ampe segitunya,,,, hohoho

11-01-2013

 Kau selalu bisa membuat aku tersenyum apakah ini yang di namakan cinta atau hanya perasaan yang sementara tak apalah aku berterimakasih telah mengisi hari-hariku dengan senyumanmu, sejak kenal sama kamu aku lebih sering senyum sendiri,apalagi lagi baca smsmu hehehe kayak orang lagi fall in love,but dya hanya jadi sebatas temen saja gak bisa gantiin yang sekarang walopun aku tau kamu jauh lebih baek,mapan.Jalani seiring waktu kita gak tau rencana tuhan tuk kita masing-masing,Jodoh gk kemana-mana,,,



13-01-2013

Hujan yang begitu deras seakan dya tau apa yang aku rasakan saant ini mengapa harus ada perasaan ini kepadamu aku gak mau tapi hati gak bisa bohong kalo aku bener rindu ma senyummu yang selalu mengisi hari-hariku,dengan keadaan ku ini aku harus mengerti karna aku bukan siapa-siapa bagimu,aku hanya ingin butuh perhatian cuma itu yang aku minta namun sulit untukmu,,,, Tuhan aku harus gimana dengan perasaan ini haruskah aku biarka perasaan ini begini saja atau aku harus mengahusnya dari kehidupanku tuhan ini sangat sulit bagiku. terkadang aku benci sama kamu dya terlalu eegois buatku,tapi knapa????
Apa aku salah berharap sama orang yang sama sekalai gk ngertiin aku, jujur kamu adlah inspirasiku dengan sinkat kamu bisa membuat aku jadi lebih rajin,dan selalu punya inspirasi yang bisa di tulis. Hujan makin gede seiring petiran yang begitu keras terasa mnusuk hati kecil ini,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

13 Januari 2013

Besok UAS tapi malesss benget belajar ,,,,,,, gimana ya caranya agar semangat
klo gk belajar nanti Gk bisa jawab NILAI jelek,,, uhg belajar dulu ah kasian ortu udah nguliahin jauh-jauh mahal lagi tapii SEMANGAT,, gk ada kata mless dalam belajar inget ortu tapi aku butuh motivasi dari SI DYA hehehhe ngareeeeeeeeeeeeeeeeepp
DOAIN yaaaaaaaa mudah mudahan UASnya lancar amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnn,,,,,,,,,

 14-01-2013
denger lagu agnes
ku harapkan balasmu ulur tangan peluk diriku, oh kasih dekaplah aku, perasaan ini tak bisa ku bendung lagi dimanakah waktu aku berkata untuk merestui hubungan ini, aku hanya ingin cinta ini tetap terjalin bersamamu,,
namun sekarang ada dua di hati belum bisa aku pastikan bila aku harus memilih sebenanya aku tak akan memilih, ingin bersama kamu dan dya, tapi aku lebih berharap sma si dya
dalam setiap percintaan ku selalu manis rasa dalam kisah ini, tapi kenapa yang banyak terjadi, ku tau cinta belum saatnya,tapi sebaiknya cinta ini jangan terjadi .
selama aku mencari selama kau menanti banyang-banyangmu di batas senja matahari membakar rinduku, ku melayang terbang tinggi bersama mega-mega menembus dinding waktu ku terbaring dan pejamkan mata dalam hati ku panggil namamu semoga kau dengan dan merasa tapi semua ini gk mungkin karna aku yakin kamu tk akan merasakan apa yang aku rasakan aku hanya berharap terlalu jauh biarkan fikran ini bebas jangan terus mengantui ku,kita mungkin tak akan bisa bersama lagi karna udah ada orang yang mengisi ruang hati ini.
mengapa cinta selalu berpaling dariku tinggalkan luka yang terperih, ku mencintaimu lebih dari seglanya tak akan pernah tergantikan, hanya untukmu ku berikan yang terbaik dariku dan cintaku tak akan sampai di sini, melupakan diri mu tak pernah bisa ku makin larut dalam banyangmu tapi diam-diam aku selingku di belakangmu maaf semua yang telah ku lakukan tapi aku bner sayang ma padamu.aku hanya gk bisa punkiri kalo aku cinta dya dan kamu maaf ku tlah mengecewakanmu tapi bener ini adanya.
kau seperti cermin yang tlah kusam dan berdebu seakan noda dihatiku.ku jatuh cinta jatuh cinta yang salah bersamamu sresing hati dan cintaku ku bernyawa namun apa barulah kini diriku bertemu denganmu .ku tau kau tak pantas untukku, ku sering menatap awan ingin menjadi burung yng bisa hinggap di mana-mana, ternyata aku salah cinta kenapa aku harus kenal ma kamu kalo ahirnya memberi harapan palsu,kusalah
bilang saja kalau kamu mau, katakan saja padaku,memang aku tau kalo kamu tu suka sama ak dari pandangan mu dan saat kita bertemu kamu sudah menaruh rasa walopun hanya sedikit tapi aku yakin rasa itu ada. so katakan saja sebelum semua menjadi masalah kamu harus bisa jujur pada dirimu sendiri.
wajahmu dan hatimu dan tentang dirimu selalu berada di dalam hatiku sejak awal bertemu aku tau rasa itu, namun tak mungkin aku tuk memilihmu,dan tak mungkin untukku lepas cintamu walo rasa dihati ini ingn memilikimu, cinta harus berkorban walo hrus menuggu selamanya, AKU TAU KAU BUKAN UNTUKKU.

18 januari 2013

 Hari ini hari terahir UAS hmmmmmm sik sik sik bisok bisa liburrr,,,UAS yang gk begitu memuaskan.mudah-mudahan hasilnya besok memuaskan amiiiiiiiin
 saat- saat UAS di temenin ma si dya snengnya dya tu bner-bner kanyak motivasi buat aku, gk tau knapa yaa,kalo lage dket ia tu pengen jadi sok orang rajin,,, heheh udah yaa aku belajar dulu,,,,,,,,,

18 januari 2013

Go to gunung kidul ke tempet rumah temen asyiik,,,,, dalam perjalanan ke gunung terasa capek banget jalannya serem,sepiiiiiiiiiiiiii harus semangat gk boleh takutttttt hehe,, nyampe pengen langsung bu2k,,
Tau gak  pulang dari gunung kidul jam 4an trus makan di bukit bintang sama anis sambillian liat Sun set,,,, asyi bgus banged, aku pun gak mau melewatkan momen yag keren ini,,,,,,,,, saatnya Foto-foto,,, narsis narsis dulu,, wah pesenannya udah dateng makan dulu ya,,
jam 7an kita ahirnya nyampe joja juga,kalo gak mampi ke skaten gk seru, yaudah kita mapir ke skaten trus di sana naek kora-kora iiiiiii seruuu,,menakutkan tapi sayang gk asyik perginya cuma ber2 aja yang lain pade pulang kampung ada yang lagi ada acara, sbel,,, walopun ber2 tetep perjalanan yang gak akan terlupakan,cie,cie... malm ne juga kau lagi smsan sama si dya, aku sebl sam si dya sok ngira aku cwek yang gak bener siapa juga yang gk marah ya, wouah ya aku marah-marah ma si dya hee tapi lucu juga minta maaf terus,, biarin aja biar gk seenaknya berfikiran negatif sama orang,, dya tu sok bener, sok sibuk,gk perhatian,, ah malah marah-marah sama orang yaa udah bairin aja,,,,,

Intraksi Manusia dengan Lingkungan



TUGAS MAKALAH TUTORIAL
Ilmu Dasar Keperawatan I
Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya


Disusun oleh:(kelompok 3)
Ketua: Lita suwarni (201110201107)
Sekretaris: Kurnia Sari ( 201110201102)
1.Isnaini Fitra U (201110201101)         2. Lailatul Hasanah (201110201103)
3. Laili Najla (201110201105)               4. Lia fitari (201110201106)
5. M. Fathir Siddik (201110201108)      6. Mei Sapita Tri A ( 201110201109)
7. Nanda Septiani A (201110201110)     8.Nida Hidayati (201110201111)
9. Nindi Sakina G (201110201112)        10. Nita Komala Sari (201110201113)
11. Nofia Putri Handayani (201110201114)

KELAS B SEMESTER 1
STIKES AISYIYAH YOGYAKARTA
2011/2012

DAFTAR ISI

Halaman Judul…………………………………………………………………….………….i
Kata Pengantar……………………………………….…………………………….………..ii
Daftar Isi……………………………………………………………………………………...iii
BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang…………………………………………………………………………….1
B.Diskusi……………………………………………………………………………………...2
BAB II PEMBAHASAN
A .Fotosintesis..………………………………………………….……………...…….3
B.Siklus karbondioksida dan oksigen……………………………………………………16
C.Pertukaran Zat………………………………………………………………………….17
1.   Difusi………………………………………………………………………………….17
2.   Osmosis…………………………………………………….………………………19
Daftar Pustaka………………………….…………………………………………………..22



iii








BAB I
INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGANNYA

  1. PENDAHULUAN
Untuk menjamin kelangsungan hidup,  manusia dan lingkungannya saling berinteraksi. Manusia memerlukan oksigen dari lingkungan, sebaliknya lingkungan memerlukan karbondioksida. Manusia ketika mengeluarkan CO2 ke udara dan pada saat itu lingkungan ( tumbuhan ) akan menyerap CO2 tersebut karena membutuhkannya, dan begitupun sebaliknya saat tumbuhan mengeluarkan O2 dikeluarkan melalui udara pada saat itu manusia akan menghirupnya.
            Oksigen dalam tubuh manusia dipergunakan untuk proses oksidasi aerob. Oksidasi aerob merupakan proses respirasi yang membutuhkan oksigen, sedangkan anaerob tidak membutuhkan oksigen. Bagan dari proses oksidasi aerob dan anaerob:
Aerob

Sitoplasma

Anaerob              proses glukosa

                        Glokosa I fosfat

                        Glukosa II fosfat                asam piruvat dan laktosa (ATP sedikit)

                                                                                    Asam suksinat

                                                                                    Mitokondria

                                                                                    Aerob (O2)                 

Tenaga ATP (O2 + CO2 + Tenaga)

1

Dengan hasil akhir berupa air dan karbondioksida , karbondioksida dikeluarkan dari tubuh manusia ke lingkungan luar dan selanjutnya dipergunakan tumbuhan dalam proses asimilasi (pemanfaatan bahan).
  1. DISKUSI
q  Langkah 1 (membaca, memahami)
q  Langkah 2 (mencari latar belakang : interaksi manusia dengan lingkungnnya)
q  Langkah 3 (rincian masalah : pertukaran zat)
q  Langkah 4 (membuat pertanyaan : Bagaimana proses terjadinya pertukaran zat?, Pengertian dari pertukaran zat?, dimana proses terjadinya pertukaran zat?, Ada berapa proses terjadinya oksidasi?, Bagaimana proses terjadinya fotosintesis, dimana, dan hasilnnya apa?)
q  Langkah 5 (membahs sepengetahuan kami)
q  Langkah 6 (membaca literatur, penjelasan dosen, searching, dll.)
q  Langkah 7 (mengumpulkan bahan, mendiskusikan kembali dan menyusun menjadi laporan).


















2
BAB II
  1. PEMBAHASAN

A.FOTOSINTESIS

Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f4/Leaf_1_web.jpg/250px-Leaf_1_web.jpg            Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan atau energi yaitu glukosa yang dilakukan tumbuhan, alga, dan beberapa jenis bakteri dengan menggunakan zat hara, karbondioksida, dan air serta dibutuhkan bantuan energi cahaya matahari. Hampir semua makhluk hidup bergantung dari energi yang dihasilkan dalam fotosintesis. Akibatnya fotosintesis menjadi sangat penting bagi kehidupan di bumi. Fotosintesis juga berjasa menghasilkan sebagian besar oksigen yang terdapat di atmosfer bumi. Organisme yang menghasilkan energi melalui fotosintesis (photos berarti cahaya) disebut sebagai fototrof. Fotosintesis merupakan salah satu cara asimilasi karbon karena dalam fotosintesis karbon bebas dari CO2 diikat (difiksasi) menjadi gula sebagai molekul penyimpan energi. Cara lain yang ditempuh organisme untuk mengasimilasi karbon adalah melalui kemosintesis, yang dilakukan oleh sejumlah bakteri belerang.

       i.            Sejarah
Meskipun masih ada langkah-langkah dalam fotosintesis yang belum dipahami, persamaan umum fotosintesis telah diketahui sejak tahun 1800-an. Pada awal tahun 1600-an, seorang dokter dan ahli kimia, Jan van Helmont, seorang Flandria (sekarang bagian dari Belgia), melakukan percobaan untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan massa tumbuhan bertambah dari waktu ke waktu. Dari penelitiannya, Helmont menyimpulkan bahwa massa tumbuhan bertambah hanya karena pemberian air.

3
Namun, pada tahun 1727, ahli botani Inggris, Stephen Hales berhipotesis bahwa pasti ada faktor lain selain air yang berperan. Ia mengemukakan bahwa sebagian makanan tumbuhan berasal dari atmosfer dan cahaya yang terlibat dalam proses tertentu. Pada saat itu belum diketahui bahwa udara mengandung unsur gas yang berlainan.
Pada tahun 1771, Joseph Priestley, seorang ahli kimia dan pendeta berkebangsaan Inggris, menemukan bahwa ketika ia menutup sebuah lilin menyala dengan sebuah toples terbalik, nyalanya akan mati sebelum lilinnya habis terbakar. Ia kemudian menemukan bila ia meletakkan tikus dalam toples terbalik bersama lilin, tikus itu akan mati lemas. Dari kedua percobaan itu, Priestley menyimpulkan bahwa nyala lilin telah "merusak" udara dalam toples itu dan menyebabkan matinya tikus. Ia kemudian menunjukkan bahwa udara yang telah “dirusak” oleh lilin tersebut dapat “dipulihkan” oleh tumbuhan. Ia juga menunjukkan bahwa tikus dapat tetap hidup dalam toples tertutup asalkan di dalamnya juga terdapat tumbuhan.
Pada tahun 1778, Jan Ingenhousz, dokter kerajaan Austria, mengulangi eksperimen Priestley. Ia memperlihatkan bahwa cahaya matahari berpengaruh pada tumbuhan sehingga dapat "memulihkan" udara yang "rusak". Ia juga menemukan bahwa tumbuhan juga 'mengotori udara' pada keadaan gelap sehingga ia lalu menyarankan agar tumbuhan dikeluarkan dari rumah pada malam hari untuk mencegah kemungkinan meracuni penghuninya.
Akhirnya di tahun 1782, Jean Senebier, seorang pastor Perancis, menunjukkan bahwa udara yang “dipulihkan” dan “merusak” itu adalah karbon dioksida yang diserap oleh tumbuhan dalam fotosintesis. Tidak lama kemudian, Theodore de Saussure berhasil menunjukkan hubungan antara hipotesis Stephen Hale dengan percobaan-percobaan "pemulihan" udara. Ia menemukan bahwa peningkatan massa tumbuhan bukan hanya karena penyerapan karbon dioksida, tetapi juga oleh pemberian air. Melalui serangkaian eksperimen inilah akhirnya para ahli berhasil menggambarkan persamaan umum dari fotosintesis yang menghasilkan makanan (seperti glukosa).


4
Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/26/Chloroplast.svg/275px-Chloroplast.svg.png
Struktur kloroplas:



1. membran luar
2. membran dalam (1+2+3: bagian  amplop)
4. stroma
5. lumen tilakoid (inside of thylakoid)
6. membran tilakoid
7. granum (kumpulan tilakoid)
8. tilakoid (lamella)
9. pati
10. ribosom
11. DNA plastida
12. plastoglobula



Proses fotosintesis tidak dapat berlangsung pada setiap sel, tetapi hanya pada sel yang mengandung pigmen fotosintetik. Sel yang tidak mempunyai pigmen fotosintetik ini tidak mampu melakukan proses fotosintesis. Pada percobaan Jan Ingenhousz, dapat diketahui bahwa intensitas cahaya memengaruhi laju fotosintesis pada tumbuhan. Hal ini dapat terjadi karena perbedaan energi yang dihasilkan oleh setiap spektrum cahaya. Di samping adanya perbedaan energi tersebut, faktor lain yang menjadi pembeda adalah kemampuan daun dalam menyerap berbagai spektrum cahaya yang berbeda tersebut. Perbedaan kemampuan daun dalam menyerap berbagai spektrum cahaya tersebut disebabkan adanya perbedaan jenis pigmen yang terkandung pada jaringan daun.
Di dalam daun terdapat mesofil yang terdiri atas jaringan bunga karang dan jaringan pagar. Pada kedua jaringan ini, terdapat kloroplas yang mengandung pigmen hijau klorofil. Pigmen ini merupakan salah satu dari pigmen fotosintesis yang berperan penting dalam menyerap energi matahari.
5
  1. Kloroplas
Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c6/Chloroplast_in_leaf_of_Anemone_sp_TEM_12000x.png/220px-Chloroplast_in_leaf_of_Anemone_sp_TEM_12000x.png
Hasil mikroskop elektron dari kloroplas
Kloroplas terdapat pada semua bagian tumbuhan yang berwarna hijau, termasuk batang dan buah yang belum matang. Di dalam kloroplas terdapat pigmen klorofil yang berperan dalam proses fotosintesis. Kloroplas mempunyai bentuk seperti cakram dengan ruang yang disebut stroma. Stroma ini dibungkus oleh dua lapisan membran. Membran stroma ini disebut tilakoid, yang didalamnya terdapat ruang-ruang antar membran yang disebut lokuli. Di dalam stroma juga terdapat lamela-lamela yang bertumpuk-tumpuk membentuk grana (kumpulan granum). Granum sendiri terdiri atas membran tilakoid yang merupakan tempat terjadinya reaksi terang dan ruang tilakoid yang merupakan ruang di antara membran tilakoid. Bila sebuah granum disayat maka akan dijumpai beberapa komponen seperti protein, klorofil a, klorofil b, karetonoid, dan lipid. Secara keseluruhan, stroma berisi protein, enzim, DNA, RNA, gula fosfat, ribosom, vitamin - vitamin, dan juga ion-ion logam seperti mangan (Mn), besi (Fe), maupun perak (Cu). Pigmen fotosintetik terdapat pada membran tilakoid. Sedangkan, pengubahan energi cahaya menjadi energi kimia berlangsung dalam tilakoid dengan produk akhir berupa glukosa yang dibentuk di dalam stroma. Klorofil sendiri sebenarnya hanya merupakan sebagian dari perangkat dalam fotosintesis yang dikenal sebagai fotosistem.
  1. Fotosistem
Fotosistem adalah suatu unit yang mampu menangkap energi cahaya matahari yang terdiri dari klorofil a, kompleks antena, dan akseptor elektron. Di dalam kloroplas terdapat beberapa macam klorofil dan pigmen lain, seperti klorofil a yang berwarna hijau muda,
6
klorofil b berwarna hijau tua, dan karoten yang berwarna kuning sampai jingga. Pigmen-pigmen tersebut mengelompok dalam membran tilakoid dan membentuk perangkat pigmen yang berperan penting dalam fotosintesis.
Klorofil a berada dalam bagian pusat reaksi. Klorofil ini berperan dalam menyalurkan elektron yang berenergi tinggi ke akseptor utama elektron. Elektron ini selanjutnya masuk ke sistem siklus elektron. Elektron yang dilepaskan klorofil a mempunyai energi tinggi sebab memperoleh energi dari cahaya yang berasal dari molekul perangkat pigmen yang dikenal dengan kompleks antena.
Fotosistem sendiri dapat dibedakan menjadi dua, yaitu fotosistem I dan fotosistem II. Pada fotosistem I ini penyerapan energi cahaya dilakukan oleh klorofil a yang sensitif terhadap cahaya dengan panjang gelombang 700 nm sehingga klorofil a disebut juga P700. Energi yang diperoleh P700 ditransfer dari kompleks antena. Pada fotosistem II penyerapan energi cahaya dilakukan oleh klorofil a yang sensitif terhadap panjang gelombang 680 nm sehingga disebut P680. P680 yang teroksidasi merupakan agen pengoksidasi yang lebih kuat daripada P700. Dengan potensial redoks yang lebih besar, akan cukup elektron negatif untuk memperoleh elektron dari molekul-molekul air.
  1. Fotosintesis pada tumbuhan
Tumbuhan bersifat autotrof. Autotrof artinya dapat mensintesis makanan langsung dari senyawa anorganik. Tumbuhan menggunakan karbon dioksida dan air untuk menghasilkan gula dan oksigen yang diperlukan sebagai makanannya. Energi untuk menjalankan proses ini berasal dari fotosintesis. Perhatikan persamaan reaksi yang menghasilkan glukosa berikut ini:
6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2
Glukosa dapat digunakan untuk membentuk senyawa organik lain seperti selulosa dan dapat pula digunakan sebagai bahan bakar. Proses ini berlangsung melalui respirasi seluler yang terjadi baik pada hewan maupun tumbuhan

7
 Secara umum reaksi yang terjadi pada respirasi seluler berkebalikan dengan persamaan di atas. Pada respirasi, gula (glukosa) dan senyawa lain akan bereaksi dengan oksigen untuk menghasilkan karbon dioksida, air, dan energi kimia.
Tumbuhan menangkap cahaya menggunakan pigmen yang disebut klorofil. Pigmen inilah yang memberi warna hijau pada tumbuhan. Klorofil terdapat dalam organel yang disebut kloroplas. Klorofil menyerap cahaya yang akan digunakan dalam fotosintesis. Meskipun seluruh bagian tubuh tumbuhan yang berwarna hijau mengandung kloroplas, namun sebagian besar energi dihasilkan di daun. Di dalam daun terdapat lapisan sel yang disebut mesofil yang mengandung setengah juta kloroplas setiap milimeter perseginya. Cahaya akan melewati lapisan epidermis tanpa warna dan yang transparan, menuju mesofil, tempat terjadinya sebagian besar proses fotosintesis. Permukaan daun biasanya dilapisi oleh kutikula dari lilin yang bersifat anti air untuk mencegah terjadinya penyerapan sinar matahari ataupun penguapan air yang berlebihan.
  1. Proses Fotosintesis
Hingga sekarang fotosintesis masih terus dipelajari karena masih ada sejumlah tahap yang belum bisa dijelaskan, meskipun sudah sangat banyak yang diketahui tentang proses vital ini. Proses fotosintesis sangat kompleks karena melibatkan semua cabang ilmu pengetahuan alam utama, seperti fisika, kimia, maupun biologi sendiri. Pada tumbuhan, organ utama tempat berlangsungnya fotosintesis adalah daun. Namun secara umum, semua sel yang memiliki kloroplas berpotensi untuk melangsungkan reaksi ini. Di organel inilah tempat berlangsungnya fotosintesis, tepatnya pada bagian stroma. Hasil fotosintesis (disebut fotosintat) biasanya dikirim ke jaringan-jaringan terdekat terlebih dahulu.
Pada dasarnya, rangkaian reaksi fotosintesis dapat dibagi menjadi dua bagian utama: reaksi terang (karena memerlukan cahaya) dan reaksi gelap (tidak memerlukan cahaya tetapi memerlukan karbon dioksida).
Reaksi terang terjadi pada grana (tunggal: granum), sedangkan reaksi gelap terjadi di dalam stroma. Dalam reaksi terang, terjadi konversi energi cahaya menjadi energi kimia dan menghasilkan oksigen (O2)
8
. Sedangkan dalam reaksi gelap terjadi seri reaksi siklik yang membentuk gula dari bahan dasar CO2 dan energi (ATP dan NADPH). Energi yang digunakan dalam reaksi gelap ini diperoleh dari reaksi terang. Pada proses reaksi gelap tidak dibutuhkan cahaya matahari. Reaksi gelap bertujuan untuk mengubah senyawa yang mengandung atom karbon menjadi molekul gula. Dari semua radiasi matahari yang dipancarkan, hanya panjang gelombang tertentu yang dimanfaatkan tumbuhan untuk proses fotosintesis, yaitu panjang gelombang yang berada pada kisaran cahaya tampak (380-700 nm). Cahaya tampak terbagi atas cahaya merah (610 - 700 nm), hijau kuning (510 - 600 nm), biru (410 - 500 nm) dan violet (< 400 nm). Masing-masing jenis cahaya berbeda pengaruhnya terhadap fotosintesis. Hal ini terkait pada sifat pigmen penangkap cahaya yang bekerja dalam fotosintesis. Pigmen yang terdapat pada membran grana menyerap cahaya yang memiliki panjang gelombang tertentu. Pigmen yang berbeda menyerap cahaya pada panjang gelombang yang berbeda. Kloroplas mengandung beberapa pigmen. Sebagai contoh, klorofil a terutama menyerap cahaya biru-violet dan merah. Klorofil b menyerap cahaya biru dan oranye dan memantulkan cahaya kuning-hijau. Klorofil a berperan langsung dalam reaksi terang, sedangkan klorofil b tidak secara langsung berperan dalam reaksi terang.[19] Proses absorpsi energi cahaya menyebabkan lepasnya elektron berenergi tinggi dari klorofil a yang selanjutnya akan disalurkan dan ditangkap oleh akseptor elektron. Proses ini merupakan awal dari rangkaian panjang reaksi fotosintesis.
  1. Reaksi terang
Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f2/Reaksiterang.png/450px-Reaksiterang.png
Reaksi terang dari fotosintesis pada membran tilakoid

9
Reaksi terang adalah proses untuk menghasilkan ATP dan reduksi NADPH2. Reaksi ini memerlukan molekul air dan cahaya matahari. Proses diawali dengan penangkapan foton oleh pigmen sebagai antena. Reaksi terang melibatkan dua fotosistem yang saling bekerja sama, yaitu fotosistem I dan II. Fotosistem I (PS I) berisi pusat reaksi P700, yang berarti bahwa fotosistem ini optimal menyerap cahaya pada panjang gelombang 700 nm, sedangkan fotosistem II (PS II) berisi pusat reaksi P680 dan optimal menyerap cahaya pada panjang gelombang 680 nm. Mekanisme reaksi terang diawali dengan tahap dimana fotosistem II menyerap cahaya matahari sehingga elektron klorofil pada PS II tereksitasi dan menyebabkan muatan menjadi tidak stabil. Untuk menstabilkan kembali, PS II akan mengambil elektron dari molekul H2O yang ada disekitarnya. Molekul air akan dipecahkan oleh ion mangan (Mn) yang bertindak sebagai enzim. Hal ini akan mengakibatkan pelepasan H+ di lumen tilakoid. Dengan menggunakan elektron dari air, selanjutnya PS II akan mereduksi plastokuinon (PQ) membentuk PQH2. Plastokuinon merupakan molekul kuinon yang terdapat pada membran lipid bilayer tilakoid. Plastokuinon ini akan mengirimkan elektron dari PS II ke suatu pompa H+ yang disebut sitokrom b6-f kompleks. Reaksi keseluruhan yang terjadi di PS II adalah:
2H2O + 4 foton + 2PQ + 4H- → 4H+ + O2 + 2PQH2

Sitokrom b6-f kompleks berfungsi untuk membawa elektron dari PS II ke PS I dengan mengoksidasi PQH2 dan mereduksi protein kecil yang sangat mudah bergerak dan mengandung tembaga, yang dinamakan plastosianin (PC). Kejadian ini juga menyebabkan terjadinya pompa H+ dari stroma ke membran tilakoid. Reaksi yang terjadi pada sitokrom b6-f kompleks adalah:
2PQH2 + 4PC(Cu2+) → 2PQ + 4PC(Cu+) + 4 H+ (lumen)


10
Elektron dari sitokrom b6-f kompleks akan diterima oleh fotosistem I. Fotosistem ini menyerap energi cahaya terpisah dari PS II, tapi mengandung kompleks inti terpisahkan, yang menerima elektron yang berasal dari H2O melalui kompleks inti PS II lebih dahulu. Sebagai sistem yang bergantung pada cahaya, PS I berfungsi mengoksidasi plastosianin tereduksi dan memindahkan elektron ke protein Fe-S larut yang disebut feredoksin.Reaksi keseluruhan pada PS I adalah:
Cahaya + 4PC(Cu+) + 4Fd(Fe3+) → 4PC(Cu2+) + 4Fd(Fe2+)

Selanjutnya elektron dari feredoksin digunakan dalam tahap akhir pengangkutan elektron untuk mereduksi NADP+ dan membentuk NADPH. Reaksi ini dikatalisis dalam stroma oleh
enzim feredoksin-NADP+ reduktase. Reaksinya adalah
:
4Fd (Fe2+) + 2NADP+ + 2H+ → 4Fd (Fe3+) + 2NADPH

Ion H+ yang telah dipompa ke dalam membran tilakoid akan masuk ke dalam ATP sintase. ATP sintase akan menggandengkan pembentukan ATP dengan pengangkutan elektron dan H+ melintasi membran tilakoid. Masuknya H+ pada ATP sintase akan membuat ATP sintase bekerja mengubah ADP dan fosfat anorganik (Pi) menjadi ATP.
Reaksi keseluruhan yang terjadi pada reaksi terang adlah sebagai berikut
Sinar + ADP + Pi + NADP+ + 2H2O → ATP + NADPH + 3H+ + O2
  1. Reaksi gelap
Reaksi gelap pada tumbuhan dapat terjadi melalui dua jalur, yaitu siklus Calvin-Benson dan siklus Hatch-Slack. Pada siklus Calvin-Benson tumbuhan mengubah senyawa ribulosa 1,5 bisfosfat menjadi senyawa dengan jumlah atom karbon tiga yaitu senyawa 3-phosphogliserat. Oleh karena itulah tumbuhan yang menjalankan reaksi gelap melalui jalur ini dinamakan tumbuhan C-3 Penambatan CO2 sebagai sumber karbon pada tumbuhan ini dibantu oleh enzim rubisco.
11
Tumbuhan yang reaksi gelapnya mengikuti jalur Hatch-Slack disebut tumbuhan C-4 karena senyawa yang terbentuk setelah penambatan CO2 adalah oksaloasetat yang memiliki empat atom karbon. Enzim yang berperan adalah phosphoenolpyruvate carboxilase.
  1. Siklus Calvin-Benson
Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/dd/Reaksi_gelapedit_copy.png/400px-Reaksi_gelapedit_copy.png
Siklus Calvin-Benson
Mekanisme siklus Calvin-Benson dimulai dengan fiksasi CO2 oleh ribulosa difosfat karboksilase (RuBP) membentuk 3-fosfogliserat. RuBP merupakan enzim alosetrik yang distimulasi oleh tiga jenis perubahan yang dihasilkan dari pencahayaan kloroplas. Pertama, reaksi dari enzim ini distimulasi oleh peningkatan pH. Jika kloroplas diberi cahaya, ion H+ ditranspor dari stroma ke dalam tilakoid menghasilkan peningkatan pH stroma yang menstimulasi enzim karboksilase, terletak di permukaan luar membran tilakoid. Kedua, reaksi ini distimulasi oleh Mg2+, yang memasuki stroma daun sebagai ion H+, jika kloroplas diberi cahaya. Ketiga, reaksi ini distimulasi oleh NADPH, yang dihasilkan oleh fotosistem I selama pemberian cahaya.
Fiksasi CO2 ini merupakan reaksi gelap yang distimulasi oleh pencahayaan kloroplas. Fikasasi CO2 melewati proses karboksilasi, reduksi, dan regenerasi. Karboksilasi melibatkan penambahan CO2 dan H2O ke RuBP membentuk dua molekul 3-fosfogliserat(3-PGA). Kemudian pada fase reduksi, gugus karboksil dalam 3-PGA direduksi menjadi 1 gugus aldehida dalam 3-fosforgliseradehida (3-Pgaldehida).
12
 Reduksi ini tidak terjadi secara langsung, tapi gugus karboksil dari 3-PGA pertama-tama diubah menjadi ester jenis anhidrida asam pada asam 1,3-bifosfogliserat (1,3-bisPGA) dengan penambahan gugus fosfat terakhir dari ATP. ATP ini timbul dari fotofosforilasi dan ADP yang dilepas ketika 1,3-bisPGA terbentuk, yang diubah kembali dengan cepat menjadi ATP oleh reaksi fotofosforilasi tambahan. Bahan pereduksi yang sebenarnya adalah NADPH, yang menyumbang 2 elektron. Secara bersamaan, Pi dilepas dan digunakan kembali untuk mengubah ADP menjadi ATP.
Pada fase regenerasi, yang diregenerasi adalah RuBP yang diperlukan untuk bereaksi dengan CO2 tambahan yang berdifusi secara konstan ke dalam dan melalui stomata. Pada akhir reaksi Calvin, ATP ketiga yang diperlukan bagi tiap molekul CO2 yang ditambat, digunakan untuk mengubah ribulosa-5-fosfat menjadi RuBP, kemudian daur dimulai lagi. Tiga putaran daur akan menambatkan 3 molekul CO2 dan produk akhirnya adalah 1,3-Pgaldehida. Sebagian digunakan kloroplas untuk membentuk pati, sebagian lainnya dibawa keluar. Sistem ini membuat jumlah total fosfat menjadi konstan di kloroplas, tetapi menyebabkan munculnya triosafosfat di sitosol. Triosa fosfat digunakan sitosol untuk membentuk sukrosa.
  1. Siklus Hatch-Slack
Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/fd/Siklus_hatch_slackedit_copy.png/350px-Siklus_hatch_slackedit_copy.png

Siklus Hatch-Slack
Berdasarkan cara memproduksi glukosa, tumbuhan dapat dibedakan menjadi tumbuhan C3 dan C4. Tumbuhan C3 merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah subtropis.
13
 Tumbuhan ini menghasilkan glukosa dengan pengolahan CO2 melalui siklus Calvin, yang melibatkan enzim Rubisco sebagai penambat CO2. Tumbuhan C3 memerlukan 3 ATP untuk menghasilkan molekul glukosa. Namun, ATP ini dapat terpakai sia-sia tanpa dihasilkannya glukosa. Hal ini dapat terjadi jika ada fotorespirasi, di mana enzim Rubisco tidak menambat CO2 tetapi menambat O2. Tumbuhan C4 adalah tumbuhan yang umumnya ditemukan di daerah tropis. Tumbuhan ini melibatkan dua enzim di dalam pengolahan CO2 menjadi glukosa. Enzim phosphophenol pyruvat carboxilase (PEPco) adalah enzim yang akan mengikat CO2 dari udara dan kemudian akan menjadi oksaloasetat. Oksaloasetat akan diubah menjadi malat. Malat akan terkarboksilasi menjadi piruvat dan CO2. Piruvat akan kembali menjadi PEPco, sedangkan CO2 akan masuk ke dalam siklus Calvin yang berlangsung di sel bundle sheath dan melibatkan enzim RuBP. Proses ini dinamakan siklus Hatch Slack, yang terjadi di sel mesofil. Dalam keseluruhan proses ini, digunakan 5 ATP.
  1. Faktor penentu laju fotosintesis
Proses fotosintesis dipengaruhi beberapa faktor yaitu faktor yang dapat memengaruhi secara langsung seperti kondisi lingkungan maupun faktor yang tidak memengaruhi secara langsung seperti terganggunya beberapa fungsi organ yang penting bagi proses fotosintesis.[1] Proses fotosintesis sebenarnya peka terhadap beberapa kondisi lingkungan meliputi kehadiran cahaya matahari, suhu lingkungan, konsentrasi karbondioksida (CO2). Faktor lingkungan tersebut dikenal juga sebagai faktor pembatas dan berpengaruh secara langsung bagi laju fotosintesis. Faktor pembatas tersebut dapat mencegah laju fotosintesis mencapai kondisi optimum meskipun kondisi lain untuk fotosintesis telah ditingkatkan, inilah sebabnya faktor-faktor pembatas tersebut sangat memengaruhi laju fotosintesis yaitu dengan mengendalikan laju optimum fotosintesis. Selain itu, faktor-faktor seperti translokasi karbohidrat, umur daun, serta ketersediaan nutrisi memengaruhi fungsi organ yang penting pada fotosintesis sehingga secara tidak langsung ikut memengaruhi laju fotosintesis.
Berikut adalah beberapa faktor utama yang menentukan laju fotosintesis :
  1. Intensitas cahaya
    Laju fotosintesis
    maksimum ketika banyak cahaya.
14
  1. Konsentrasi karbon dioksida
    Semakin banyak karbon dioksida di
    udara, makin banyak jumlah bahan yang dapt digunakan tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis.
  2. Suhu
    Enzim-enzim yang bekerja dalam proses fotosintesis hanya dapat bekerja pada suhu optimalnya. Umumnya laju fotosintensis meningkat seiring dengan meningkatnya suhu hingga batas toleransi enzim.
  3. Kadar air
    Kekurangan air atau kekeringan menyebabkan
    stomata menutup, menghambat penyerapan karbon dioksida sehingga mengurangi laju fotosintesis.
  4. Kadar fotosintat (hasil fotosintesis)
    Jika kadar fotosintat seperti karbohidrat berkurang, laju fotosintesis akan naik. Bila kadar fotosintat bertambah atau bahkan sampai
    jenuh, laju fotosintesis akan berkurang.
  5. Tahap pertumbuhan
    Penelitian menunjukkan bahwa laju fotosintesis jauh lebih tinggi pada tumbuhan yang sedang berkecambah ketimbang tumbuhan dewasa. Hal ini mungkin dikarenakan tumbuhan berkecambah memerlukan lebih banyak
    energi dan makanan untuk tumbuh.








15
            B.Siklus Karbondioksida dan Oksigen

  • Keseimbangan antara pengeluaran dan pemakain CO2 DAN O2 oleh mahluk hidup di bumi.
  • Kadar CO2 lebih tinggi menyebabkan ketidakseimbangan alam yang berbagai pendapat negative.
*      Alur Energi
*      Kehidupan mahluk hidup tidak lepas dari arus energy dan materi.
*      Mulai dari penyerapan sinar matahari pada peruses potosintesis.
*      Energy matahari di ubah menjadi energy kimia dalam diri tumbuhan yang selanjutnya dimamfaatkan untuk berkembang
*      MANUSIA dalam Keseimbangan Ekosistem.
*      Intraksi Manusia antara Mahluk Hidup dengan Lingkungan Abiotiknya.
*      Terjadi berbagai peristiwa
Ex:Simbosis,Peridasi,Rantai Makanan,dll.







16
C.PERTUKARAN ZAT

            Pertukaran zat dan energi antarsel dan lingkungannya dapat terjadi secara difusi, osmosis, dan transport aktif. Semua ini berlangsung melalui membran sel.

a. Difusi
                      Merupakan peristiwa gerakan molekul atau ion dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Yang menyebabkan difusi adalah adanya gerak brown. Difusi yang berlangsung melalui membran semipermiabel disebut dialysis. Difusi fasilitasi merupakan difusi molekul tertentu yang memerlukan suatu mekanisme transport tertentu, misalnya laktosa tidak dapat menembus membran sel, tetapi setelah terbentuk enzim permaese, maka laktosa dapat masuk. Difusi merupakan penyebaran molekul suatu zat ke segala arah dari konsentrasi yang tinggi è konsentrasi yang rendah hingga mencapai suatu konsentrasi yang sama.

Description: E:\TANAH-DIFUSI-OSMOSIS\Difusi-1.jpeg
Faktor yang mempengaruhi difusi:
1.      Konsentrasi
2.      Penampang melintang
3.      Suhu
4.      Berat Molekul
5.      Jarak



17

Tekanan pada difusi:
q      Sudut Pandang Sumber gerakan :
1.      Daerah konsentrasi tinggi terdapat tekanan energi yang menyebabkan melekul menyebar daerah konsentrasi rendah
2.      Tekanan tersebut dinamakan “Tekanan Difusi
q  Sudut pandang Tujuan :
Tempat tujuan difusi adalah ke daerah defisit molekul (konsentrasi rendah)









 


A                                                                                 B




Tekanan difusi A dan B berbeda, awalnya di  A sebesar 1 dan 0  atm ketika bagian tengahnya ditutup, akan tetapi pada gambar B saat sumbatan dibuka, tekannya menjadi sama.

b. Osmosis
            Merupakan difusi air melalui membran semipermeabel dari konsentrasi rendah atau hipotonik menuju konsentrasi tinggi atau hipertonik. Makin lama makin banyak air yang masuk dalam sel, karena membran sel memiliki elastisitas yang terbatas, sehingga terjadi saling tekan antara membran plasma dan isi sel. Tekanan ini disebut tekanan turgor. Bila sel diletakkan ke dalam larutan yang hipertonik, maka sitoplasma akan melepaskan diri dari membran plasma, hal ini disebut plasmolisis.
q  Description: E:\TANAH-DIFUSI-OSMOSIS\Osmosis-9.jpeg Karena berdifusinya molekul “air” dan “Gula” dalam bejana melewati “lubang (Pori)” maka peristiwa tersebut dinamakan “OSMOSIS”
q  “OS” = Lubang; “Movea” = “to Move” = Pindah

TEKANAN OSMOSIS

Description: E:\TANAH-DIFUSI-OSMOSIS\Osmosis-4.jpeg
      Kelebihan “volume” akibat Osmosis disebut dengan “nilai osmosis” dari larutan gula.
      Kelebihan “volume” memiliki “berat” yang menekan ke segala arah
      Tekanan kelebihan volume ke segala arah tersebut dinamakan è TEKANAN OSMOSIS
      Tekanan Osmosis = NILAI OSMOSIS





      Rumus Tekanan Osmosis:
PV = nRT


P = Nilai Osmosis è Satuan “atm”                                        
V = Volume dinyatakan dengan “liter”
n = Jumlah gram molekul zat terlarut
R = Ketetapan gas, yaitu 22,4/273
T = Temperatur Mutlak (kelvin) = 1 derja Celcius = 274 derjat kalvin


c. Transport aktif
Merupakan transpor ion melalui membran semipermeabel dengan bantuan energi. Enzim diperlukan untuk memindahkan molekul dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi.

19
Contoh transpor aktif dan difusi fasilitasi yaitu transpor glukosa dari epithelium usus halus ke darah, sistem ini menggandeng glukosa di epithelium usus halus memungkinkan glukosa ditranspor melalui sel dari usus halus ke darah.
Transport aktif merupakan transport yang memerlukan energi ATP (Adenosin Triphospat) yang bersifat melawan gradien konsentrasi. Fungsi dari transport aktif  yaitu untuk memelihara keseimbangan dalam sel. Contohnya yaitu sitoplasma sel darah merah manusia mempunyai kadar ion kalium 30 kali lebih besar daripada cairan ekstrasel, yaitu plasma darah. Namun, kadar ion natrium plasma darah 11 kali lebih besar daripada dalam sel darah merah.

d. Endositosis
            Merupakan mekanisme sel berupa pembungkusan bahan dari cairan ekstraseluler dengan cara pelekukan ke dalam atau invaginasi sebagian dari membran sel. Endositosis partikel padat disebut fagositosis. Endositosis adalah pemasukan makromolekul dan materi yang sangat kecil ke dalam sel dengan cara membentuk vesikula baru dari membran plasma.
Proses ini tergolong transpor aktif dan dapat melawan gradien kadar (dari konsentrasi rendah ke tinggi).

e. Eksositosis
            Merupakan proses ekskresi molekul dari sel eukarion. Sekret terbungkus dalam kantung membran yang kemudian bersatu dengan membran plasma dan mengeluarkan isinya ke luar sel. Contohnya sel usus menyintesis lemak dan mengeluarkan secara eksositosis.
20
Kebalikan dari endositosis. Sel-sel protein dalam jumlah besar, mula-mula berkumpul di dalam sebuah kantong yang dilapisi membran dalam kompleks Golgi. Kantong tersebut kemudian bergerak menuju permukaan sel dan mengosongkan isinya ke luar






























21

KATA PENGANTAR


Assalammua’alaikum Wr. Wb.

Puji Syukur kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan iradah kecerdasan dan karunia kepada kita. Salawat serta salam tercurah kepada Nabi Muhammad SAW yang menjadi teladan dalam berpikir dan berbuat bagi seluruh umat manusia.
Tiada pernah henti rasa syukur senantiasa kami panjatkan kepada Alloh SWT karena laporan hasil tutorial, dapat kami susun. Sebagai  pelengkap, pengingat, dan bukti dalam belajar kelompok kami. Kami susun dengan rasa bangga dan senang karena dengan belajar dalam tutorial kami dapat menghargai satu sama lain dalam menyampaikan sesuatu, keberanian dan lain - lainnya yang mana sangat besar manfaatnya.
Terimakasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan dan materi yang dapat kami diskusikan dan rangkum menjadi sebuah laporan. Semoga dapat bermanfaat untuk semua.


Wassalamu’alaikum Wr. Wb.




Yogyakarta, 8 Desember 2011



Penyusun



ii


Daftar Pustaka




















22